LifeStyle

Air Kelapa Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Kata Dokter

Air Kelapa Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Kata Dokter

Di tengah meroketnya kasus COVID-19 selama beberapa pekan terakhir, banyak masyarakat yang mengandalkan bahan alami untuk menghindari virus tersebut.

Salah satu yang kini banyak diburu adalah air kelapa. Sudah turun temurun air kelapa diyakini memiliki banyak khasiat kesehatan.

Sebagai akibatnya, buah kelapa pun diburu dan ludes di mana-mana, karena airnya dianggap mampu mencegah dampak buruk akibat infeksi COVID-19 dan mampu membantu pemulihan mereka yang tengah positif COVID-19. Hingga minggu pertama Juli 2021, penjualan buah kelapa dilaporkan meningkat di berbagai penjuru Indonesia, bahkan harganya pun ikut melonjak.

Keyakinan masyarakat ini bukannya tidak beralasan. Sejumlah laporan dari berbagai daerah menyebutkan bahwa banyak penyintas COVID-19 telah membuktikan khasiat mengonsumsi air kelapa membantu mereka melalui masa-masa kritis saat menderita COVID-19.

Salah satu penyintas COVID-19 yang mengaku sembuh berkat khasiat air kelapa adalah Bupati Aceh Barat H. Ramli MS. Dia meminumnya dua kali sehari, setelah sarapan dan makan malam.

“Selama menjalani masa isolasi di bulan September kemarin, saya rutin minum air kelapa, dicampur sedikit garam dapur, satu sendok madu dan sedikit perasan jeruk nipis,” ungkap Bupati Ramli MS, seperti dilansir Antara.

Sejak rutin meminum air kelapa, perlahan-lahan kondisi kesehatannya pun membaik, hingga akhirnya dinyatakan negatif COVID-19. Meski sudah sembuh pun ia tetap rutin meminum air kelapa untuk meningkatkan imunitas serta berbagai manfaat lainnya.