LifeStyle

Deretan Manfaat Luar Biasa Tanaman Kumis Kucing untuk Kecantikan

Deretan Manfaat Luar Biasa Tanaman Kumis Kucing untuk Kecantikan

Selama ini kumis kucing dikenal sebagai salah satu tanaman obat asli Indonesia yang punya segudang manfaat kesehatan. Tapi, tahukah Kamu kalau tanaman dengan nama latin Orthosiphon Aristatus ini juga sangat bermanfaat dalam hal kecantikan?

Menurut Okky Setia Perdana Putra, S. Farm, seorang ahli di bidang kosmetik, kandungan ekstrak daun kumis kucing atau Orthosiphon Stamineus memiliki manfaat baik bagi kulit.

Air Rebusan Kumis Kucing Ampuh Obati Batu Ginjal

"Ekstrak daun kumis kucing mampu bantu mengatasi sebum, sekresi minyak berlebih pada kulit, mengecilkan pori-pori, mencerahkan dan sebagai antioksidan bagi kulit,” ucapnya dalam keterangannya, Selasa, 3 November 2020.

Hal ini diperkuat pula oleh hasil riset penelitian BASF Beauty Care Solutions tentang efek ekstrak tumbuhan Orthosiphon Stamineus pada ketidaksempurnaan kulit terkait sebum. Dalam penelitian itu, uji ekstrak daun kumis kucing dilakukan pada ras penduduk Asia Tenggara, yaitu wanita Thailand yang memiliki produksi minyak dan daki pada kulit yang berlebih.

Hasil penelitian menyimpulkan, ekstrak daun kumis kucing dapat menurunkan produksi minyak dan daki yang berlebih dan membersihkan daki secara efektif. Tak hanya itu, ekstrak daun kumis kucing juga mampu mengecilkan pori-pori kulit, mencerahkan kulit dan meratakan kulit yang tidak rata.

Dokter estetika Yuce Yuanita mengatakan, cara pertama untuk mencegah pori-pori tidak menjadi besar yakni dengan mencegah produksi sebum (minyak) berlebih.

"Dengan cara, mengatur pola makan, menggunakan jenis perawatan yang sesuai dan juga menggunakan sunblock," katanya melalui channel YouTube Ruang Dokter.

Pelihara kumis kucing jadi peluang bisnis

Photo :
  • Istimewa

Mengetahui manfaat luar biasa kumis kucing, salah satu artis yang punya hobi memelihara tanaman, yakni Syakir Daulay melihat peluang bisnis yang menjanjikan.

Pesinetron muda itu punya ide untuk menciptakan produk kecantikan alami dari kumis kucing ketika seorang rekan lamanya mengirimkan pesan soal manfaat tanaman itu.

Rekan lama Syakir yang merupakan seorang RND di bidang kosmetik menjelaskan bahwa tanaman kumis kucing yang ia pelihara mempunyai manfaat baik bagi kulit. Pesan itu dikirimkan sang rekan setelah melihat salah satu video Syakir di Instagram saat ia menyiram dan merawat tanaman.

Syakir pun tertarik dengan hal itu dan mempunyai ide untuk membuat sebuah produk perawatan kulit dari tanaman kumis kucing.

“Siapa tahu bisa jadi produk kecantikan pertama nih di Indonesia dari tanaman khas Indonesia,” demikian tanggapan Syakir saat itu.

Sebagai informasi, Syakir Daulay akhirnya membuat produk kecantikan dari ekstrak daun kumis kucing yang dinamakan Dewi Dewi. Terdiri dari dua produk perawatan, yaitu peeling spray dan body serum, di mana keduanya telah terdaftar resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Peeling berguna untuk membersihkan sebum (daki) pada kulit tubuh dan juga mencerahkan. Kandungan ekstrak daun kumis kucing juga membantu menghaluskan kulit, meringankan inflamasi dan bersifat antibakteri.

Sementara body serum merupakan pelembap dengan tambahan konsentrat dari serum. Diformulasikan untuk wanita yang sering terpapar sinar matahari dan memiliki kulit tubuh yang belang.

Dengan kandungan ekstrak daun kumis kucing, body serum ini berkhasiat membersihkan dan mencerahkan kulit tubuh, anti-infeksi, anti-inflamasi dan mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Tak hanya itu, body serum juga akan memberikan nutrisi vitamin, mengecilkan pori pori dan secara efektif dan cepat dapat mencerahkan kulit tubuh