LifeStyle

Design Thinking, Jurus Bikin Tulisanmu Kritis & Kreatif di Era Digital

Design Thinking, Jurus Bikin Tulisanmu Kritis & Kreatif di Era Digital

Sebagai penerus tongkat estafet bangsa ini, generasi muda dituntut mampu menjawab permasalahan yang kelak terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu, sejak dini pemuda-pemudi Indonesia perlu dilatih berpikir kritis dan kreatif agar secara cepat dapat melahirkan solusi ketika dihadapkan pada sebuah masalah.

Untuk itu, generasi muda saat ini perlu dipacu untuk berpikir lebih kritis dan kreatif agar kelak dapat menghadirkan solusi yang dibutuhkan bagi masyarakat. Melatih pola pikir kritis dan kreatif tersebut pada prinsipnya dapat dilakukan melalui pendekatan design thinking.

Hal itu pula yang dipaparkan oleh penulis Roro Ajeng Sekar Arum saat menjadi pemateri Design Thinking for Writers dalam pelatihan Leadership Development Djarum Beasiswa Plus 2021.

Kegiatan yang digelar secara virtual ini berlangsung sepanjang Maret 2021 yang diikuti tak kurang dari 522 Beswan Djarum Angkatan 2020/2021 dari 93 perguruan tinggi di Indonesia.

Penulis buku ‘Tudung Venus’ ini memperkenalkan Beswan Djarum kepada konsep design thinking, yakni upaya membangun pola pikir dengan berorientasi memecahkan masalah yang kompleks secara kreatif, efektif dan efisien.