LifeStyle

Jenis Nasi Ini Paling Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Jenis Nasi Ini Paling Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes biasanya paling menghindari nasi, karena disebut bisa menaikkan gula darah. Padahal, tidak semua jenis nasi punya dampak buruk untuk penyandang diabetes. Salah satu contohnya adalah nasi merah.

Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, mengatakan, nasi merah termasuk karbohidrat kompleks, sehingga lebih lambat dicerna dan menyebabkan kenaikan gula darah jadi lebih lambat.

"Jadi, bagi penderita diabetes akan menyebabkan gula darahnya akan lebih terkontrol sesudah mengonsumsi nasi merah. Dan dia juga termasuk yang indeks glikemiknya rendah," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 7 Januari 2021.

Dokter Feni menjelaskan, maksud dari indeks glikemik rendah adalah, seberapa cepat gula darah akan naik, ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

"Jadi semakin rendah, maka si gula darahnya setelah kita mengonsumsi nasi merah, maka akan lambat kenaikan gula darahnya," lanjut dia.

Lebih lanjut Feni mencontohkan, jenis karbohidrat lain yang boleh dikonsumsi penderita diabetes adalah kentang. Menurut Feni, kentang akan lebih bagus jika dikonsumsi dengan kulitnya karena tinggi akan serat.

"Serat juga penting banget, karena bisa membantu memperlambat pengosongan lambung dan memperlambat penyerapan dari gula. Jadi, ketika kita konsumsi, si insulin keluar perlahan sehingga gula darahnya akan terkontrol. Kemudian contoh lain singkong, tapi jangan singkong goreng," kata dia.

Sedangkan untuk takaran jumlah konsumsi per hari, jika kebutuhan kalori kamu sekitar 1700 kalori per hari, maka jumlah nasi yang boleh dikonsumsi penderita diabetes adalah 400 gram per hari.

"Gambarannya per 100 gram nasi itu sama dengan 8 sendok nasi. Nah, kalau 100 gram nasi itu bisa digantikan kentang dengan ukuran 210 gram, atau ubi 135 gram," ungkap dr. Feni Nugraha.