LifeStyle

Perlu Tahu, Keuntungan dan Kerugian Olahraga Tiap Hari

Perlu Tahu, Keuntungan dan Kerugian Olahraga Tiap Hari

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Tanpa perlu berlebihan, manfaatnya bisa dirasakan. Seperti diketahui, olahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran kita. Kita akan berpikir bahwa jika kita berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, (seperti konsumsi banyak sayuran) pasti akan merasa jauh lebih baik. Tetapi apakah dengan begitu Anda harus berolahraga setiap hari? Hal tersebut sebenarnya tergantung dengan apa yang ingin Anda lakukan.

Meski olahraga baik untuk kesehatan, sejumlah pakar mengungkapkan, melakukan olahraga yang berlebihan atau overtraining tidak dianjurkan. Ahli kebugaran menjelaskan praktik olahraga terbaik bisa dilakukan tujuh hari per minggu. Namun, tak ada salahnya juga, jika Anda sesekali mengambil waktu istirahat.

Sebagai penyegar, untuk melakukan panduan aktivitas fisik ini, direkomendasikan kepada orang dewasa untuk melakukan setidaknya 150 menit untuk latihan kardio intensitas sedang atau 75 menit latihan kardio intensitas tinggi, ditambah setidaknya dua sesi latihan kekuatan, per minggunya.

Jadi, semua bergantung dengan penjadwalan Anda. Bisa juga latihan dilakukan untuk memenuhi jumlah minimum ini hanya dalam beberapa hari. Tetapi jika Anda lebih suka melakukan latihan dengan waktu yang ringan, Anda bisa saja mendedikasikannya dengan lebih banyak berolahraga untuk rutinitas kebugaran, dengan begitu Anda perlu tahu bagaimana melakukan olahraga dengan cara yang optimal dan tetap konsisten.

Berikut adalah keuntungan dan kerugian dari berolahraga setiap hari, ditambah beberapa pedoman  agar olahraga harian dapat berhasil memberikan manfaat.

5 Manfaat Berolahraga Setiap Hari

1. Tidak terlalu banyak duduk
Banyak orang dewasa menghabiskan 70 persen dari waktu mereka untuk bangun dan duduk. Menurut Mayo Clinic, fakta berikut dapat mendatangkan malapetaka bagi kesehatan masyarakat.