LifeStyle

Resep Tempe Crispy Praktis dan Mudah

Resep Tempe Crispy Praktis dan Mudah

Menjadi makanan khas Indonesia favorit, tempe seperti diketahui sangat lezat diolah menjadi aneka hidangan. Bukan hanya rasanya yang gurih, tempe juga mudah diolah sehingga memudahkan proses memasak.

Bukan cuma nikmat disantap dan mudah diolah, tempe meski murah meriah, memiliki kandungan gizi yang baik. Lantaran dibuat dari bahan dasar kacang kedelai yang kemudian diberikan ragi sebagai proses fermentasi. Dari proses itu, maka nutrisi di dalamnya semakin kaya.

"Kacang kedelai membuat tempe memiliki kandungan protein yang mencukupi. Proses fermentasi juga memberi kandungan probiotik lebih tinggi," ujar dokter spesialis gizi klinis, dr. Putri Sakti M.Gizi, Sp.GK.

Adanya probiotik tersebut membuat jumlah bakteri baik dan jahat di usus menjadi seimbang. Hal ini baik untuk membantu saluran pencernaan agar lebih lancar. Jika pencernaan sedang terlalu banyak konsumsi makanan tinggi garam, gula dan lemak maka fermentasi dari tempe memberi penambahan bakteri baik untuk melancarkan saluran cerna.

Jika sudah tahu kandungan gizi dari tempe, yuk kita intip resep tempe crispy yang sangat mudah untuk diikui.

Resep Tempe Crispy

Bahan: 
- 100 gr Tempe
- 1 bks Tepung Bumbu 80 gr
- 700 ml Minyak Goreng
- 8 sdm Air Es

Cara Memasak
1. iris tempe menjadi 5 bagian
2. Buat adonan kering: Masukkan 1 bungkus tepung bumbu. Adonan Basah:  Pindahkan 2 sdm tepung bumbu dan larutkan dengan air es, aduk rata 
3. Masukkan tempe ke adonan basah, kemudian masukkan ke adonan kering, gulingkan dan ketukan.
4. Panaskan minyak goreng, masukkan tempe, goreng hingga kuning keemasan. Angkat, sajikan.

Photo :
  • dapurumami

Bukan cuma nikmat diolah menjadi tempe crispy, lauk berbahan dasar kedelai ini juga nikmat disantap hanya dengan digoreng. Saat ini, untuk membuat tempe goreng nikmat dan gurih pun sangat mudah lantaran banyak sekali pilihan bumbu yang bisa digunakan dengan praktis.

Bukan cuma menyediakan kemasan tepung bumbu tempe crispy, kini Sajiku bumbu praktis dari PT Ajinomoto Indonesia kembali berinovasi dengan melahirkan varian baru, yaitu Bumbu Tahu & Tempe Goreng.

Bumbu praktis Tahu & Tempe Goreng ini merupakan perpaduan tepat bumbu, bawang putih, dan ketumbar pilihan berkualitas untuk membuat aneka gorengan tahu dan tempe favorit keluarga yang lezat dan ekonomis.

“Tempe goreng adalah makanan dengan frekuensi masaknya paling tinggi di Indonesia, sehingga kami berharap bumbu praktis terbaru ini bisa membantu masyarakat Indonesia dalam memasak tempe maupun tahu yang lezat dan praktis, tanpa tambahan bumbu lainnya,” ucap Endang Pamularsih, Brand Manager Sajiku- Ajinomoto Sales Indonesia lewat rilis yan diterima VIVA.

“Selama masa pandemi, gaya hidup konsumen di Indonesia berubah menjadi lebih sehat. Namun di sisi lain, pendapatan masyarakat mayoritas juga terganggu sebagai impact dari hal ini. Sehingga diharapkan harga yang sangat terjangkau dari menu tahu dan tempe goreng ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi (protein) konsumen selama pandemi,” tambahnya.