LifeStyle

Survei: Usai Pandemi, Pekerja Kantoran Lebih Suka Pola Kerja Ini

Survei: Usai Pandemi, Pekerja Kantoran Lebih Suka Pola Kerja Ini

Selama lebih dari setahun menjalani masa pandemi COVID-19, sebagian orang merasa nyaman bekerja dari rumah (WFH) karena tidak lelah di jalan, fleksibel dan pekerjaan tetap ter-deliver dengan baik.

Tetapi sebagian yang lain lebih menyukai bekerja dari kantor (WFO) karena lebih fokus, jam kerja lebih teratur, dan dapat berinteraksi sosial.

Lalu, pengaturan tempat kerja seperti apa yang diinginkan para pekerja kantoran setelah pandemi berakhir?

Pada April-Mei 2021, Arkadia Works & VINOTI Office, perusahaan yang berfokus pada perancangan tempat kerja, melakukan survei berjudul 'Workplace Survey After Pandemic' dengan metode User-centric Survey, untuk mengetahui preferensi tempat kerja dari sudut pandang pengguna ruang kerja.

Dari 1.313 responden, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas 75,5 persen responden lebih memilih pengaturan hybrid (campuran WFO dan WFH) sebagai preferensi tempat kerja setelah pandemi. Sedangkan 9,7 persen responden memilih WFO dan 14 persen responden memilih WFH.

Mengenai kelebihan bekerja dari rumah (WFH), jawaban terbanyak adalah ‘Lebih terhindar dari risiko tertular virus’ (79,2 persen) dan ‘Lebih fleksibel bekerja dari manapun’ (69,2 persen).