Nasional

10 Jam Jalani Operasi, Bayi Kembar Siam Adam-Haris Berhasil Dipisahkan

10 Jam Jalani Operasi, Bayi Kembar Siam Adam-Haris Berhasil Dipisahkan

Setelah menjalani operasi sekitar 10 jam, akhirnya tim dokter RSUP Adam Malik, Medan, Sumatera Utara berhasil pisahkan bayi kembar siam dengan selamat, Rabu, 20 Januari 2021. Operasi selesai dilakukan sekitar pukul 17.40 WIB.

Kembar siam itu, bernama Adam dan Aris yang berusia 13 Bulan. Keduanya merupakan putra pasangan Nur Rahmawati (26) dan Supono (32), warga Dusun Sei Kelapa II, Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu.

Bayi itu lahir di RSUP H Adam Malik pada 9 Desember 2019, lalu. Kemudian, hari ini tim dokter menjalani operasi pemisahan itu. Dimulai tadi pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

"Pukul 17.40 WIB, operasi Adam dan Aris telah selesai dan telah berhasil dipisahkan dalam keadaan selamat," kata Kasubbag Humas Rosario Dorothy Simanjuntak kepada wartawan di Medan, Rabu malam, 20 Januari 2021.

Tercatat ada 50 tenaga medis dilibatkan dala  operasi pemisahan Adam dan Aris. Tenaga ahli yang dilibatkan di antaranya beberapa dokter subspesialis, terutama dokter spesialis bedah anak, dokter bedah jantung, dokter spesialis anestesi pediatrik, dan dokter spesialis anak.

Sementara itu, Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam, dr Rizky Adriansyah SpA (K) menjelaskan peristiwanya usai dilakukan operasi. Kata dia, kedua bayi itu, akan dirawat intensif. Kondisi mereka dipantau sangat ketat selama 3x24 jam.

Rizky mengatakan bahwa kedua bayi itu, dempet pada bagian perut dan dada. Sebelum dilakukan operasi, Rizky mengatakan kondisi keduanya dalam keadaan sehat dan memiliki pertumbuhan tubuh yang baik.

“(Organ) yang menempel, hati dan dinding jantung, karena itu banyak dokter spesialis yang dilibatkan,” tutur Rizky.

Basarnas ke Pulau Laki Cek Tanda SOS di Google Maps, Ini Hasilnya