Nasional

Aksi Ganjar Cegat Mudik, dari Interogasi sampai Panjat Bak Truk

Aksi Ganjar Cegat Mudik, dari Interogasi sampai Panjat Bak Truk

Demi menekan pergerakan mudik masuk ke wilayahnya, Gubernur Jawa Tengah berkeliling memantau jalan dan pos penyekatan dalam dua hari ini. Di Semarang, ia sempat ikut menginterogasi pengendara yang mengemudikan mobil berplat nomor luar Jawa Tengah.

Kemudian di Sragen, ia memergoki travel yang mengaku bawa rombongan pernikahan. Ia juga sempat menemui penjaga posko penyekatan di Tol Kalikangkung Semarang dan Sukoharjo.

Yang terbaru, ia memanjat bak truk untuk memastikan tidak ada penumpang yang sembunyi di dalamnya. Sebab, menumpang truk menjadi modus dilakukan oleh mereka yang nekat mudik di masa pelarangan, agar bisa sampai ke tempat tujuan. Bahkan ada yang sampai sembunyi di balik sayur muatan.

Hal itu membuat petugas harus ekstra teliti saat memeriksa angkutan yang melewati pos penyekatan. Karena bisa saja mereka yang nekat mudik mau membayar awak truk dan masuk di dalam truk.

Geregetan dengan seringnya temuan pemudik "numpang sembunyi" di dalam bak truk, Ganjar pun sampai-sampai harus naik dan melongok isi bak truk, saat sidak di posko jembatan timbang Ajibarang Banyumas, Jumat 7 Mei 2021.