Nasional

Bandung Optimistis Vaksinasi 1 Juta per Hari untuk Capai Herd Immunity

Bandung Optimistis Vaksinasi 1 Juta per Hari untuk Capai Herd Immunity

Laju penyebaran COVID-19 di Indonesia pascalebaran 2021 lalu, kembali mengalami lonjakan yang mengkhawatirkan. Penyekatan mobilitas orang di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung Raya, diperluas. Tidak hanya itu, munculnya varian baru, menimbulkan rasa khawatir bagi petugas satgas maupun masyarakat.

Dari berbagai narasumber menyatakan, apapun ancaman yang berkembang di masa pandemi ini, kepatuhan protokol kesehatan terutama pada penggunaan masker dan menjauhi kerumunan, menjadi obat mujarab. Namun, untuk mendukung langkah itu, imunisasi nasional atau vaksinasi secara masif cukup baik untuk menekan fatalitas dan meningkatkan imun, untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Memasuki tahun pandemi kedua ini, vaksinasi massal terus digenjot dengan target 1 juta orang per hari. Pemerintah Kota Bandung memastikan, mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo itu dengan memasifkan vaksinasi COVID-19.

Secara nasional, target 1 juta orang itu terdiri dari 600.000 orang oleh pemerintah daerah dan 400.000 orang oleh TNI dan Polri.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai, kerja sama Pemkot Bandung dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, TNI, dan Polri berjalan baik.

"Alhamdulillah, kita sudah melaksanakan vaksinasi ini. Pertama di Grand Ballroom Sudirman, sekarang di Stadion GBLA," ujar Oded, Senin, 21 Juni 2021.

Menurutnya, vaksinasi massal secara masif di stadion sangat dimungkinkan karena pengendalian vaksinasi dapat terkendali.

"Berdasarkan evaluasi yang ada. Sesuai anjuran Pak Presiden, diharapkan tempat vaksinasi itu ada di ruang terbuka. Setelah kita tarik ke (Stadion GBLA), ternyata lebih representatif," ujarnya.