Nasional

Gempa Mamuju Tengah, Sejumlah Rumah Dilaporkan Rusak

Gempa Mamuju Tengah, Sejumlah Rumah Dilaporkan Rusak

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa dengan magnitudo 5,3 pada Rabu 28 Oktober 2020 pukul 02.43 WIB di Mamuju Tengah. Episenter terletak di darat pada jarak 24 km arah Barat Daya Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat dan dengan kedalaman 10 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengungkap ada kerusakan akibat gempa tersebut.

“Laporan menunjukkan dampak gempa ternyata benar menimbulkan kerusakan beberapa rumah. Seperti halnya kerusakan yang terjadi di Desa Kampung Baru, Los Pasar, Mamuju Tengah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu 28 Oktober 2020.

Subsidi Gaji Termin II Ditransfer pada Pekan Pertama November

Dia menjelaskan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik Mamuju (Mamuju Thrust). Mamuju thrust ini, lanjut Daryono merupakan sumber gempa potensial yang patut diwaspadai di Mamuju karena memiliki magnitudo tertarget 7,0 dengan laju geser 0,2 mm per tahun.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust-fault).

Guncangan gempa ini dirasakan warga di Mamuju Tengah dengan skala IV-V MMI, Mamuju III-IV MMI, Mamasa dan Majene II-III MMI.

Namum demikian, rilis peta guncangan BMKG dalam waktu 15 menit setelah gempa menunjukkan estimasi akurat bahwa di pusat gempa ini menunjukkan warna kuning yang menggambarkan guncangan mencapai VI MMI yang berpotensi merusak.

Diberitakan sebelumnya Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5,0 mengguncang wilayah Timur Laut Mamuju, Sulawesi Barat. Menurut laporan BMKG, gempa kembali tercatat pada pukul 5.50 WIB pada Rabu pagi, 28 Oktober 2020.

Lokasi persis gempa berada pada koordinat 2,32 Lintang Selatan (LS) dan 119,07 Bujur Timur (BT).

"Pusat gempa berada di darat 48 km Timur Laut Mamuju," demikian disampaikan BMKG.

Meski begitu, BMKG menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kedalaman gempa sekitar 10 km. Guncangan gempa tercatat dengan skala MMI III di Mamuju Tengah.

Belum ada laporan korban jiwa termasuk dampak kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, warganet pun menyebut ini gempa susulan setelah sebelumnya terjadi pada dini hari tadi pada pukul 2.43 WIB. Saat dini hari itu, gempa tercatat berkekuatan magnitudo 5,4 yang dimutakhirkan menjadi 5,3.