Nasional

Ingin Naik Kereta Api Saat Larangan Mudik, Ini Syaratnya

Ingin Naik Kereta Api Saat Larangan Mudik, Ini Syaratnya

Pemerintah sudah mengeluarkan keputusan larangan mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2021. Pemberlakuan larangan mudik yakni 6-17 Mei. Meski demikian, kereta api (KA) tetap beroperasi, melayani penumpang. Tapi ada syarat untuk menjadi penumpangnya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan KA jarak jauh hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik.

Hal tersebut, katanya, sesuai Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor HK.701/1/10/DJKA/2021 pada 30 April 2021.

 Gubernur Banten: Orang Jabodetabek Dilarang Masuk ke Serang

“KAI menjalankan Kereta Api jarak jauh pada periode tersebut bukan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik lebaran. Kami mematuhi aturan dan kebijakan dari pemerintah bahwa mudik tetap dilarang,” ujar Manajer Humas PT KAI Joni Martinus kepada wartawan, dikutip Selasa 4 Mei 2021.

Kriteria pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik, yaitu untuk bekerja atau perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga. Juga kepentingan non mudik tertentu lainnya yang dilengkapi surat keterangan dari kepala desa atau lurah setempat.