Nasional

Janji Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Penembakan Laskar FPI di KM 50

Janji Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Penembakan Laskar FPI di KM 50

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto memohon dukungan masyarakat agar bisa menjalankan tugasnya dalam menegakkan hukum secara adil sesuai dengan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang ingin mentransformasikan institusi Polri sebagai Presisi, yakni prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

"Saya baru dilantik. Mudah-mudahan harapan Bapak Kapolri untuk mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan, ini bisa kita laksanakan. Mohon doa restu," kata Komjen Agus di Mabes Polri pada Rabu, 24 Februari 2021.

Menurut dia, Kapolri banyak memberikan banyak pengarahan agar Kepala Bareskrim dapat mewujudkan keadilan hukum untuk masyarakat, khususnya bidang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) atau dunia maya.

Makanya, kata dia, Kapolri membentuk virtual police atau polisi dunia maya yang bertugas melakukan patroli siber untuk mencegah konten-konten yang berisi melanggar atau ada konsekuensi hukum. Setelah itu, polisi dunia maya akan memberikan warning kepada akun tersebut.

"Bahwa informasi yang diupload mengandung pasal-pasal ujaran kebencian, mohon segera dihapus, misalkan. Nanti kalau sudah diingatkan seperti itu masih terus, makanya penyidik akan melakukan proses penyelidikan," ujarnya.

Sementara, kata Agus, Kapolri Jenderal Sigit juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang kesadaran budaya beretika untuk mewujudkan ruang digital Indonesia yang bersih, sehat dan produktif supaya masyarakat bisa memanfaatkan media sosial maupun media elektronik.