Nasional

Kapolda Evaluasi Penyekatan Mudik Bikin Antrean Panjang di Tol Japek

Kapolda Evaluasi Penyekatan Mudik Bikin Antrean Panjang di Tol Japek

Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Ahmad Dofiri akan mengevaluasi sistem atau cara bertindak (CB) aparat Kepolisian di lapangan, dalam operasi penyekatan menyusul peniadaan mudik lebaran tahun 2021 selama periode 6-17 Mei 2021.

Seperti diketahui, petugas melakukan penyekatan larangan mudik di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada hari pertama larangan mudik, Kamis, 6 Mei 2021. Satu persatu kendaraan pribadi yang melintas ke arah Cikampek diperiksa petugas dan diminta menunjukan surat keterangan dinas.

Namun demikian, penyekatan kendaraan di ruas tol Cikampek ini berdampak pada antrean panjang kendaraan. Berdasarkan pantauan, antrean kendaraan yang menanti pemeriksaan mengular sepanjang 10 kilometer dari KM 45 hingga KM 35.

"Penyekatan ini cukup efektif, cuma karena ini hari pertama perlu eveluasi cb-cb-nya (cara bertindak) saja. Karena baru pertama hari ini dilakukan, kita antisipasi pemanfaatan jalur-jalur yang ada supaya lebih efisien sehingga tidak terlalu panjang mereka yang mengantre diperiksa," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri saat meninjau Posko Penyekatan Mudik di Km 46 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis 6 Mei 2021.