Nasional

Mundur dari Demokrat, Ferdinand Hutahaean Bilang Bukan karena AHY

Mundur dari Demokrat, Ferdinand Hutahaean Bilang Bukan karena AHY

Ferdinand Hutahaean menyatakan akan mundur dari kader Partai Demokrat. Dia akan menyampaikan surat resmi mundur ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat pada Senin, hari ini, 12 Oktober 2020.

Ferdinand menyampaikan meski mundur dari Demokrat bukan berarti kecewa terhadap figur Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Namun, karena ada perbedaan pandangan antara ia dengan Demokrat yang membuatnya sulit bertahan.

"Saya bukan kecewa ya dengan sikap politik AHY dan Demokrat, tidak sama sekali. Tapi, perbedaan cara pandang terhadap isu-isu nasional membuat saya merasa tak mungkin bertahan di Demokrat," kata Ferdinand saat dikonfirmasi VIVA, Minggu malam, 11 Oktober 2020.

Ferdinand Hutahaean Mundur dari Kader, PD: Kami Beri Kebebasan

Bagi dia, hal ini terkait prinsip politik. Ia bilang prinsip politik kebangsaan lebih tinggi daripada politik elektoral.

"Berbeda di dalam itu tidak enak ketika prinsip yang membuatnya berbeda. Kalau sekedar beda argumen itu biasa," jelas Kepala Ketua Biro Energi dan Sumber Daya Mineral Demokrat itu.

Pun, ia menekankan sikapnya yang memilih mundur juga sudah dipikirkan secara matang-matang. Meski ia tak menampik, banyak kenangan di Demokrat yang tak bisa dilupakannya.

Salah satunya, ia menceritakan saat mendampingi pendiri Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan almarhumah istrinya, Ani Yudhoyono ketika safari politik keliling daerah.

"Banyak sekali momen yang akan saya ingat. Namun prinsip tetap lebih kuat bagi saya untuk melanjutkan dan memilih melaksanaksn keyakinan politik saya. Maka itu saya pamit dan pergi," tutur Ferdinand.

Sebelumnya, Ferdinand mengakui alasan mundur karena perbedaan pandangan dengan sikap politik Demokrat. Salah satunya menyangkut perbedaan sikap terkait Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

Demokrat diketahui menolak UU Cipta Kerja. Namun, Ferdinand masuk bagian pendukung UU tersebut.

Terkait itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat, Ossy Dermawan membenarkan Ferdinand akan mengirim surat pengunduran diri sebagai kader partai, Senin hari ini.

"FH (Ferdinand Hutahaean) akan mengirimkan surat pengunduran dirinya besok (hari ini). Namun, yang bersangkutan sudah memberikan statement terbuka untuk mundur dari Partai Demokrat di ruang publik," ujar Ossy saat dikonfirmasi VIVA, Minggu, 11 Oktober 2020.

Dia mengatakan, Partai Demokrat akan memberi kebebasan kepada Ferdinand untuk bersikap. "Tentunya kami memberikan ruang kebebasan. Dan, mempersilakan yang bersangkutan untuk mundur," tutur Ossy.