Nasional

PUPR dan Pemkot Medan Bangun Pasar Tradisional Konsep Green Building

PUPR dan Pemkot Medan Bangun Pasar Tradisional Konsep Green Building

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun Pasar Tradisional di Kota Medan dengan konsep Green Building atau bangunan hijau. Pasar tersebut, berada di lahan relokasi sebagai pengganti Pasar Aksara, yang berada di Jalan Mesjid, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pembangunan tersebut dilaksanakan setelah terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan seluruh bangunan pada Selasa, 12 Juni 2016 lalu. Pasar Aksara ini direlokasi dan dibangun oleh Kementerian PUPR menggunakan APBN Multiyears dengan menelan anggaran sebesar Rp94 miliar dan pengerjaan akan selesai pada Desember tahun 2021.

Direktur Jendral (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusuma Astuti didampingi Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman meninjau langsung proses pembangunan Pasar Aksara, Rabu sore, 19 Mei 2021.

"Ini pembangunan sudah 50 persen. Sesuai perpres 64 tahun 2018. Usul sudah sejak lama, tahun 2018, lalu. Ini pasar dengan pembangun Green Building. Harus dijaga terus dalam pelaksanaan tetap Green building. Target selesai Desember tahun ini," jelas Dirjen Ciptra Karya Kementerian PUPR, Diana Kusuma Astuti kepada wartawan di Medan.