Olahraga

Morbidelli Rajai MotoGP Valencia, Joan Mir Pastikan Gelar Juara

Morbidelli Rajai MotoGP Valencia, Joan Mir Pastikan Gelar Juara

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, berhasil merajai balapan motogp="" tag="" www.viva.co.id="">motogp-valencia">MotoGP Valencia 2020, yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 15 November 2020. Start dari posisi terdepan, Morbidelli memulai balapan dengan sempurna.

Sementara itu, pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2020. Meski, ia hanya finis di posisi tujuh pada MotoGP Valencia.

Nasib buruk dialami rekan setim Morbidelli, Fabio Quartararo. Pembalap asal Prancis itu melebar pada tikungan dua yang membuatnya harus meninggalkan lintasan lebih cepat sebelum balapan berakhir.

Sedangkan, Joan Mir tidak terlalu mengambil risiko pada balapan kali ini. Pembalap 23 tahun itu naik dua peringkat ke posisi 10 pada lap pertama.

Photo :
  • Twitter/@MotoGP

Posisi itu cukup bagi Mir untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 karena unggul 26 poin atas Morbidelli.Mir kemudian naik ke peringkat sembilan setelah Johann Zarco terjatuh di lap enam.

Tekanan Mir semakin ringan setelah Quartararo, yang merupakan rival terdekat di klasemen MotoGP 2020, terjatuh di lap sembilan.

Keunggulan Mir atas Morbidelli di klasemen naik menjadi 28 poin setelah pembalap asal Spanyol itu menyalip Aleix Espargaro di lap ke-12. Memasuki lap ke-14, Morbidelli sukses unggul hingga 1 detik atas Brad Miller yang berada di urutan kedua.

Miller mulai mengancam di lap ke-18. Sedangkan, Morbidelli mengalami kesulitan dengan cengkeraman ban belakang, dan mulai mendapat tekanan dari Miller. Jarak kedua pembalap menjadi hanya 0,7 detik.

Dua lap kemudian Mir semakin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah Takaaki Nakagami terjatuh di tikungan 4. Di posisi ini Mir memiliki keunggulan 29 poin atas Morbidelli di klasemen MotoGP 2020.

Persaingan ketat antara Morbidelli dan Miller semakin menjadi-jadi di dua lap akhir dengan kedua hanya berjarak 0,2 detik.

Morbidelli dan Miller beberapa kali berganti menjadi pemimpin balapan. Namun, Morbidelli akhirnya menang dramatis atas Miller. Podium ketiga menjadi milik Pol Espargaro.

Berikut hasil lengkap MotoGP Valencia, seperti dikutip Crash:

1. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
2. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)
3. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)
4. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
5. Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)
6. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)
7. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)
9. Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
10. Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
11. Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)
12. Valentino Rossi ITA    Monster Yamaha (YZR-M1)
13. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)
14. Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)
15. Danilo Petrucci ITA    Ducati Team (GP20)