Politik

PDI Perjuangan dan PKS Sepakat Perkuat Kerja Sama

PDI Perjuangan dan PKS Sepakat Perkuat Kerja Sama

PDI Perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sepakat membangun kerja sama dan gotong royong. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Hubungan kedua partai ini cukup mesra. Meskipun dalam pemerintahan, keduanya berbeda. PDI Perjuangan tentu sebagai partai pengusung utama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sementara PKS adalah oposisi.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan gotong royong serta kebersamaan anak bangsa dalam berbagai situasi seperti pandemi COVID-19 saat ini, amat penting.

"Kami (PDIP dan PKS) sepakat jika kita harus membangun kerja sama di tengah pandemi COVID, seharusnya situasi ini mendorong kita semua untuk saling bergotong royong," kata Hasto, Selasa 27 April 2021.

 Bertemu PDIP, PKS Puji Bung Karno dan Kedisiplinan Partai

Menurut Hasto, pandemi COVID-19 yang sudah berjalan satu tahun belakangan telah berdampak serius. Tidak hanya soal kesehatan tapi terhadap perekonomian rakyat di tingkat bawah.

Dipaparkan Hasto pada pertemuan dengan PKS di kantor DPP PDIP, pihaknya memantau terus keadaan di tingkat masyarakat akar rumput. Setiap hari, lanjutnya, atas perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, pengurus daerah wajib mengirim laporan terkait kondisi sosial di sekelilingnya.

"Itu bentuk komitmen kami. Setiap hari pengurus kami wajib mengirim laporan COVID yang disampaikan ke Ibu Mega," tutur Hasto.

Sementara Sekjen DPP PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi, mengatakan banyak titik temu yang bisa dikerjasamakan dengan PDIP. Apalagi, banyak petinggi PKS yang juga mengagumi kepemimpinan bapak bangsa, Proklamator Soekarno.

"Kami sangat kagumi kepemimpinan Bung Karno. Ketua Fraksi datang khusus ke makam Imam Bukhori. Kalau kita dengar bukan main bagaimana cerita soal masjidnya di sana. Kami juga kagum. Kami ikut menjabarkan dan mencontoh kepemimpinan beliau," kata Habib Aboe.