Tekno

Ada PlayStation 5 Baru, Buruan Deh Jual PS Lama

Ada PlayStation 5 Baru, Buruan Deh Jual PS Lama

Sony sudah membuka informasi mengenai tanggal peluncuran dari produk PlayStation 5 atau PS5, yakni pada PS5 akan berlangsung pada 12 November 2020. Nantinya, konsol game ini akan tersedia dalam dua tipe, yakni standar dan Digital Edition.

Untuk menebus PS5 varian Digital, konsumen harus merogoh kocek USD400 atau setara dengan Rp5,9 juta. Sementara untuk model Standard Edition, bisa dimiliki oleh konsumen dengan menyiapkan dana USD500 atau jika dikonversi setara dengan Rp7,4 juta.

Informasi terkait konsol game terbaru Sony tersebut, selalu membuat penasaran penggemarnya. Salah satunya terkait kabar bahwa PS5 hanya bisa memutar permainan dari produk PS4, dan tak lagi bisa memainkan game dari versi PS1 sampai PS3.

CEO Playstation, Jim Ryan mengaku jika PlayStation 5 tidak punya banyak waktu untuk mengimplementasikan kompabilitas pada sistem lamanya. Dia menjelaskan saat memproduksi perangkat itu, PS4 sudah punya 100 juta pemain.

Sony Ungkap Harga PlayStation 5, Kepingin Buru-buru Gesek Kartu

"Kami pikir mereka juga harus bermain game PS4 di PS5, jadi kami menyertakan kompabilitas ke PS5. Saat penerapan itu kami juga berfokus untuk menggunakan SSD berkecepatan tinggi dan Pengontrolan baru DualSense secara bersamaan," ujarnya dikutip dari laman BGR, Minggu 20 September 2020.

Dengan banyaknya pekerjaan itu, Ryan mengungkapkan jika pihaknya tidak bisa menerapkan kompabilitas yang sama untuk game PS1, PS2 dan PS3 di PS5.

Sebelumnya arsitek sistem utama PlayStation, Mark Cerny mengatakan jika PS4 dan PS5 dibangun dari arsitektur yang sama. Hal ini yang membuat game PlayStation 4 bisa dimainkan di konsol baru nanti.

PlayStation 5 tampil seperti menara tinggi dengan warna hitam dan putih. Ada juga aksesori penunjang seperti kamera, dock pengisi daya, dan headphone.