Tekno

Memahami Kebutuhan Internet di Era Pandemi Covid-19

Memahami Kebutuhan Internet di Era Pandemi Covid-19

Pandemi sungguh telah menciptakan kebiasaan baru. Banyak orang terhubung dengan internet karena harus mengikuti protokol kesehatan dengan mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan. Aktivitas masyarakat pun semakin banyak dilakukan melalui online.

Bahkan adanya pandemi juga berdampak pada peningkatan smartphone dan kebutuhan internet di keluara.

Menyikapi hal ini, seorang pakar di bidang Telekomunkasi, Lumumba Sirait menjelaskan lebih luas terkait dampak pandemi terhadap kebutuhan akan internet.

Berikut pandangan dan penjelasan Lumumba Sirait:

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap volume trafik operator internet

Kita telah melewati satu tahun pandemi Covid-19. Banyak pengalaman berharga yang kita petik dari pandemi ini, salah satu diantaranya adalah kita harus tinggal di rumah untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Kita terpaksa beraktivitas dari rumah, baik bekerja dari rumah (Work From Home - LFH) atau belajar dari rumah (Learning From Home – LFH), atau lebih dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pengalaman WFH dan PJJ cukup berjalan efektif berkat adanya sarana internet broadband yang disediakan operator internet, baik operator fixed broadband internet maupun operator mobile broadband internet.

Lebih lengkapnya, pengalaman beraktivitas dari rumah ini didukung oleh adanya infrastruktur DNA (Device, Network and Applications) sehingga komunikasi antar sesama manusia dan manusia dengan mesin dapat berjalan sempurna.

Pandemi Covid-19 telah berdampak berarti terhadap volume trafik operator internet, khususnya karena meningkatnya aktivitas di kawasan perumahan. Namun sebaliknya, terjadi penurunan trafik di kawasan perkantoran karena pembatasan kegiatan di kantor-kantor.

Network atau jaringan internet merupakan tulang punggung dalam penyaluran trafik  data, yang menghubungkan pengguna deviceke sumber data. Network dapat berupa fixed broadband internet yang disediakan Telkom atau Internet Service Provider lainnya serta mobile broadband internet yang disediakan operator selular.

Operator fixed broadband internet menawarkan pemakaian gigabyte data tanpa batas (unlimited), namun dibatasi oleh kecepatan transmisi data, misalnya 10 Mbps atau 30 Mbps, tergantung kepada kontrak berlangganan yang dipilih.

Sementara operator Selular menawarkan paket berlangganan kuota Gigabyte data per bulan, misalnya 2 Gbyte atau 10 Gbyte per bulan, sesuai dengan paket berlangganan paska bayar atau paket prabayar yang dipilih. Layanan fixed dan mobile broadband internet saling melengkapi, yang kita butuhkan agar kontinuitas penggunaan internet terjamin, sehingga WFH atau PJJ berjalan lancar.