Tekno

NASA Tangkap Sinyal Radio FM dari Jupiter

NASA Tangkap Sinyal Radio FM dari Jupiter

Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) telah mendeteksi sinyal radio FM dari bulan milik planet Jupiter, Ganymede, untuk pertama kalinya. Apakah itu sinyal dari alien?

Dilansir dari laman Wion, Jumat, 15 Januari 2021, sinyal dari Ganymede ternyata berasal dari elektron akibat medan elektromagnetik. Proses ini menyebabkan elektron di dalam berputar dan berosilasi jauh lebih lambat daripada kecepatan putarannya.

Akibatnya, semua gelombang elektromagnetik dan radio diperkuat, kemudian diambil oleh pesawat ruang angkasa yang melayang di luar angkasa. Elektron-elektron ini juga menciptakan aurora dalam spektrum ultraviolet.

"Elektron yang berputar di medan magnet Jupiter adalah penyebab kebisingan radio yang kami dengar," kata NASA dalam sebuah pernyataan.

Seperti Bumi, Ganymede memiliki inti besi cair yang menghasilkan medan magnet. Kemudian membentuk aurora bercahaya di sekitar wilayah kutub utara dan selatan Ganymede. Saat Jupiter berputar, medan magnetnya bergeser, menyebabkan aurora Ganymede bergoyang.

Direktur Divisi Ilmu Planet NASA, Jim Green menyebut temuan itu mencengangkan. Mereka mengembangkan pendekatan baru untuk melihat ke dalam tubuh Jupiter dengan teleskop.

Ganymede memiliki banyak air, 25 kali volume lautan di Bumi. Kedalaman samudranya diperkirakan sekitar 800 km. Ganymede juga menjadi satu dari lima bulan di tata surya yang memiliki samudra tersembunyi di bawah permukaan es.

Dua bulan lainnya yang dimiliki planet gas Jupiter adalah Europa dan Callisto. Sementara bulan Titan dan Enceladus, mengelilingi planet gas bercincin Saturnus.