Tekno

Siap-siap Menyambut Kedatangan iPhone Lipat

Siap-siap Menyambut Kedatangan iPhone Lipat

Apple Fanboy semakin dekat untuk bisa melihat ponsel lipat pertamanya. Menurut sebuah laporan jika Apple memang telah mengembangkan foldable iphone atau iPhone lipat dan kemungkinan akan hadir pada 2022.

Laporan The Economic Daily yang dikutip BGR, Rabu, 18 November 2020, menyebutkan jika Apple telah memesan sejumlah model prototipe untuk menguji ketahanan desain engsel. Apple hanya mau memastikan jika desain bisa menahan 100 ribu kali saat ponsel dibuka dan ditutup.

Laporan itu menuliskan jika Apple juga menguji komponen utama ponsel, yakni layar dan juga bantalan pada mesin lipat. "Apple sekarang sedang menguji komponen utama seperti layar dan bantalan mesin lipat untuk membuat iPhone lipat pertama segera tersedia secepatnya," ungkap laporan tersebut.

Jika semua lancar kemungkinan Apple akan meluncurkan ponsel lipatnya pada September 2022 atau saat merilis iPhone 14 nanti. Sebelumnya, seorang leakers terkenal, Jon Prosser, pernah menjelaskan mekanisme iPhone lipat nantinya.

Ia mengatakan jika ponsel akan memiliki dua panel layar terpisah dari engles dan juga memiliki tipe bulat dengan material stainless steel. Sejak iPhone X Series, Apple memperkenalkan desain notch.

Namun, dari informasi yang beredar jika ponsel lipat tidak akan memiliki layar berponi seperti biasa namun hanya menggunakan 'dahi' kecil untuk penempatan sensor seperti Face ID. "Ini tidak seperti dua ponsel jadi satu. Meskipun dua panel terpisah, saat layar di bentang kan maka Tampilan nya cukup mulus," kata Prosser.

Langkah iPhone membuat ponsel lipat bisa dikatakan cukup terlambat. Beberapa vendor bahkan sudah memiliki sejumlah produk ponsel lipat salah satunya adalah raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung.

Selain itu, Oppo juga mulai berinovasi dengan membuat konsep layar gulung. Walaupun masih belum tahu kapan ponsel ini akan diluncurkan, namun ide itu cukup baru dalam meningkatkan pengalaman pengguna untuk menggunakan perangkat.

Oppo rupanya ingin mengejar Samsung dalam pengembangan teknologi terbaru ponsel. Untuk itulah, raksasa teknologi China tersebut memperkenalkan konsep ponsel dengan layar gulung pertamanya, Oppo X 2021.