Tekno

Xiaomi Ngebet Beli Anak Usaha Huawei, Beneran Nih?

Xiaomi Ngebet Beli Anak Usaha Huawei, Beneran Nih?

JAKARTAXiaomi kabarnya menjadi satu dari tiga perusahaan teknologi yang mau membeli unit bisnis Huawei, Honor. Selain Xiaomi, TCL juga berminat memilikinya. Isu penjualan unit bisnis Honor milik Huawei semakin kencang. Sebab, kabarnya Huawei tengah bernegosiasi dengan Digital China Group Co Ltd dan pelamar lainnya.

Melansir Reuters, Kamis, 15 Oktober 2020, dua narasumber yang mengetahui masalah itu menyebut, Huawei akan menjual Honor dalam kesepakatan dengan potensi nilai hingga miliaran yuan.

"Kesepakatan itu bisa berupa penjualan tunai dan bernilai antara 15 miliar-25 miliar yuan (Rp32,7 triliun hingga Rp54,6 triliun)," ujar salah satu narasumber yang meminta syarat anonim.

Lebih lanjut, menurut narasumber, belum ada rincian aset dalam rencana penjualan itu. Namun, ada potensi kalau transaksi akan melibatkan merek, kemampuan penelitian dan pengembangan, serta bisnis manajemen rantai pasokan Honor.

“Digital China, distributor utama ponsel Honor, berpotensi menjadi pembeli utama. Akan tetapi, ada pula pembeli potensial lain, termasuk TCL dan Xiaomi,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Huawei dan TCL menolak berkomentar. Sementara, Digital China dan Xiaomi tak menanggapi permintaan berkomentar.

Sebelumnya, Analis di TF International Securities, Mingchi Kuo menyebut, penjualan bisnis ponsel pintar Honor akan memberi keuntungan bagi merek Honor, pemasoknya, dan industri elektronik China.

"Jika Honor berpisah dari Huawei, pembelian komponennya tak lagi tunduk pada sanksi AS terhadap Huawei. Itu akan membantu bisnis Honor dan pemasoknya," ujar Kuo.

Sekadar informasi, Honor berdiri pada 2013 di bawah naungan Huawei. Namun, mayoritas bisnisnya beroperasi secara independen.

Lihat artikel asli www.wartaekonomi.co.id